Madu klanceng terbukti bermanfaat untuk merpati, untuk campuran spet juga bisa untuk campuran mmembuat butir pil jamu merpati. Senyawa madu klanceng bermanfaat untuk menambah stamina merpati, menambah giriring keras merpati.

Hewan Lebah klanceng termasuk dalam kingdom Animalia, filum Arthropoda, classis Insecta, ordo Hymenoptera, famili Apidae, genus Trigona, dan spesies Trigona sp. (Syafrizal dkk., 2012). Lain dengan lebah madu, lebah klanceng membuat sarang menyerupai pot  bulat secara horizontal (Garedew dkk., 2003).

Kandungan Madu klanceng memiliki karakteristik seperti lebih encer dan berwarna coklat amber. Untuk Rasa dari madu klanceng cenderung lebih asam karena memiliki pH 3,05-4,55. Kadar air dari madu klanceng lebih banyak yaitu berkisar 30-35 %. 

Madu klanceng Untuk Merpati
Madu Klanceng

Madu trigona klanceng ini tersusun dari beberapa molekul gula, mineral, vitamin, protein dan asam amino.

Vitamin: Thiamin (B1), Riboflavin (B2), (B3), Asam Askorbat (C), (B5), Piridoksin (B6), Niasin, Asam pantotenat, Biotin, Asamfolat dan Vitamin K. 

Mineral: Natrium (Na), Kalsium (Ca), Magnesium (Mg), Alumunium (Al), Besi (Fe), Fosfor dan Kalium (K), Potassium, Sodium Klorin, Sulfur.

Manfaat madu klanceng untuk merpati :


Pemberian madu juga berguna untuk memulihkan stamina burung yang habis turun lomba untuk menjaga stamina tetap vit. Hal ini dikarenakan kandungan madu yang banyak mengandung glukosa dan fruktosa sebagai pengganti stamina tenaga yg dapat langsung diserap oleh tubuh burung. Glukosa + Fruktosa yang mudah terserap tubuh, akan membantu rempah rempah jamu merpati juga mudah terserap tubuh. Jamu merpati campuran 15 rempah diolah dengan madu klanceng akan langsung terserap tubuh dan akan langsung berevek bagus ke merpati. Merpati akan tambah giring keras, tambah stamina terbang juga tambah panjang nafas merpati. 

Reaksi Glukosa + Fruktosa sebagai penambah stamina yang langsung bekerja sebagai sumber energi terbang merpati, ditambah senyawa di dalam jamu merpati yang akan menambah sistem hormon seksual merpati (menambah giring merpati) sehingga merpati akan mendapatkan energi dan giringan yang sesuai. Merpati akan tambah stamina terbang, merpati tambah keket giring keras. Merpati dalam keadaan vit, mampu terbang maksimal. 

Madu dari lebah tidak bersengat ini mengandung senyawa seperti protacatechuic acid (PCA), 4-hydroxyphenylacetic acid, dan cerumen yang berfungsi sebagai antioksidan. PCA yang merupakan antioksidan kuat dapat meningkatkan proliferasi sel dalam penyembuhan luka (Kakkar dan Bais, 2014). Madu klanceng memiliki hidrogen peroksida, flavonoid, senyawa fenolik, dan peptida antibakterial yang berperan sebagai antibakteri (Jalil dkk., 2017).

Kandungan Madu Klanceng ini juga memiliki efek bakteriostatik yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri seperti E. coli, B. subtilis, P. syringae, M. luteus, B. megaterium, dan B. brevis (Garedew dkk., 2003).

Hidrogen peroksida meningkatkan produksi sitokin sebagai respon untuk membunuh bakteri. Hidrogen peroksida dapat menarik leukosit ke daerah luka melalui mekanisme gradien konsentrasi. Madu juga dapat menstimulasi limfosit B, limfosit T, dan neutrofil untuk melawan bakteri (Ball, 2007).

Flavonoid memiliki mekanisme antibakteri seperti menghambat sintesis asam nukleat, fungsi membran sitoplasmik, dan metabolisme energi sehingga bakteri tidak dapat berkembang (Cushnie dan Lamb, 2005). Senyawa fenolik dapat merusak struktur membran bakteri sehingga dapat dimanfaatkan sebagai antibakteri (Mace dkk., 2017). Peptida antibakterial dapat menempel dan membuka dinding/membran sel bakteri sehingga bakteri lisis atau mati (Bechinger dan Gorr, 2017).

Sifat atau efek antiinflamasi pada madu diberikan atau disumbangkan oleh senyawa fenolik. Senyawa fenolik dapat menghambat produksi berlebih dari mediator inflamasi seperti nitrat oksida (NO), tumor necrosis factor (TNF), dan prostaglandin E2 (PGE2). Senyawa fenolik juga dapat menjadi penangkal radikal bebas sehingga dapat melindungi sel dari sitotoksik yang diinduksi mediator inflamasi (Aljadi dan Kamaruddin, 2004; Alvarez-Suarez dkk., 2010).

Madu Klanceng juga dapat mengurangi oedema yang terjadi saat inflamasi dan menurunkan tekanan hidrostatik mikrovaskuler jaringan luka sehingga tidak membatasi akses oksigen dan nutrisi untuk penyembuhan luka (Jalil dkk., 2017). Agen antiinflamasi memiliki korelasi yang mirip dengan antioksidan dalam hal menangani reactive oxygen species (ROS). Madu lebah klanceng memiliki senyawa fenolik dan antioksidan sehingga dapat memperkuat kemampuannya dalam melawan proses inflamasi (Molan, 2011).

Madu klanceng merupakan madu bersifat hangat karena pada proses pembuatan madu oleh lebah klanceng melalui fermentasi alami dari nektar bunga yang diserap lebah yang disimpan dalam sarang madu/ abdomen. Proses fermentasi memberi unsur hangat pada madu, khususnya madu klanceng, madu klanceng merupakan madu hangat yang ideal untuk diserap tubuh merpati. 

Madu klanceng terbukti bermanfaat untuk merpati, madu klanceng bermanfaat menambah stamina, menambah giring merpati juga mengobati merpati yg sakit karena bakteri. Banyak artikel yang menyebutkan madu klanceng lebih bagus dari madu lainya untuk campuran pembuatan jamu merpati. Madu Klanceng terbukti sangat pas untuk campuran jamu merpati produk kami, jamu merpati campuran 15 rempah merupakan jamu merpati yang diusahakan pencampuranya untuk jamu merpati yang dingin. Penambahan Madu Klanceng untuk jamu merpati campuran 15 rempah memberi unsur hangat sehingga memaksimalkan kualitas/ manfaat jamu merpati campuran 15 rempah.

Untuk pembelian Madu Klanceng bisa hubungi nomer whatsap (dalam foto), stok banyak serta jaminan asli madu klanceng tanpa campuran. 

Madu klanceng merupakan madu bersifat hangat karena pada proses pembuatan madu oleh lebah klanceng melalui fermentasi alami dari nektar bunga yang diserap lebah yang disimpan dalam sarang madu/ abdomen. Proses fermentasi memberi unsur hangat pada madu, khususnya madu klanceng, madu klancengk merupakan madu hangat yang ideal untuk diserap tubuh merpati.

Campuran untuk membuat pil jamu merpati : Serbuk Jamu Merpati campuran 15 rempah 200 gram + madu klanceng 10 sendok + 6 kuning telur bebek. Kualitas campuran telah terbukti bermanfaat, menambah giring keras merpati, menambah stamina, menambah panjang nafas merpati.

Pemesanan MADU KLANCENG hubungi nomer hp : 
+62 857-4321-6555

Pemesanan Jamu Merpati hubungi nomer hp : 087738096581 
 
 
 MADU KLANCENG JAMU MERPATI YOGYAKARTA

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama